gambar
Artikel

Dari Brand Hingga Musisi Lokal, Intip Kolaborasi Asli Indonesia di Lokaloborasi

Kolaborasi tak mengenal waktu dan jarak, kolaborasi tak mengenal usia dan generasi, kolaborasi adalah ruang bagi Indonesia untuk beraksi.

Hal inilah yang menjadi motivasi Lokaloborasi. Dengan semangat dan motivasi untuk menumbuhkan keberanian dan kebanggaan terhadap produk dan karya asli anak-anak Nusantara sebagai jati diri bangsa, Lokaloborasi menggandeng sederet brand dan musisi lokal asli Indonesia.

Lokaloborasi —yang merupakan singkatan dari Lokal Kolaborasi— ingin kembali menghidupkan semangat persatuan Indonesia melalui ide-ide cemerlang; melalui kehadiran ruang virtual yang bisa kamu akses kapan saja, di mana saja.

Ruang virtual ini menjadi tempat bagi tiap insan negeri untuk meleburkan harapan dalam kolaborasi lintas industri dan generasi. Penasaran? Yuk, lihat di sini


Ciptakan Produk Dalam Negeri Favorit dalam Lokaloborasi Lintas Industri

Berangkat dari ambisi untuk menumbuhkan keberanian dan kebanggaan dalam menggunakan produk asli Indonesia, lahirlah program Lokaloborasi antara brand lokal untuk menghasilkan sebuah karya yang asli Indonesia.

Berkolaborasi secara lintas industri, beberapa brand lokal ini beranjak keluar dari zona nyaman untuk menghadirkan produk yang harapannya akan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Terdapat  kolaborasi dari 8 brand lokal ternama dan 1 tongkrongan asli.

Ada kolaborasi antara Voyej dan Bluesville yang menggabungkan artisan leather dengan batik indigo alami. Kolaborasi kedua melibatkan Humblezing dan Jimmy and Martin yang akan membawa suasana alam dalam busana head-to-toe.

Berbeda dengan yang lainnya, kolaborasi ketiga mengajak Kamengski Spacebar dan Kalatis.co yang menyatukan aspek modern dan vintage dalam konsep “urban” melalui electronic vehicle ciptaan mereka. Berikutnya, secara tunggal, Tenue de Attire akan menciptakan konsep kemeja dan aksesori tentang cerita rakyat Indonesia.  

Terakhir, Lokaloborasi lintas industri ini juga mengajak Local Pride Indonesia membuat produk fashion dengan menggunakan nama-nama kuliner Indonesia menjadi singkatan yang unik dan lucu. Contohnya, martabak yang menjadi singkatan ‘Mari Kita Bangkit!’, atau sate yang menjadi kepanjangan ‘Saling Toleransi’ untuk memberikan inspirasi positif bagi pemakainya. Menarik, bukan?


Wujudkan Musik Pemersatu dalam Lokaloborasi Lintas Generasi


Pernah membayangkan musik indie folk saling menyambung dengan musik genre populer? Tak hanya itu, perpaduan musik ini juga dihiasi dengan selera musik lintas generasi. Selain menjadikan kolaborasi musisi lokal ini spesial, Lokaloborasi ingin menghadirkan semangat kebersamaan.

Lokaloborasi mengajak Fadly dari Padi —band legendaris Indonesia— dan fourtwnty —band indie bergenre folk— dalam kolaborasi musik asli indonesia .

Tak hanya mengangkat musik yang populer dua, tiga, empat tahun belakangan, Lokaloborasi juga mengajak Bung Oscar (Oscar Lolang) dengan salah satu karyanya yang bertajuk “Eastern Man”, hasil kolaborasi dengan Feel Koplo.

Penasaran seperti apa Lokaloborasi musik lintas generasi dan genre ini? Catat tanggal, akses ruang virtualnya, dan jangan lupa untuk melipir ke Ruang Sinema  juga, ya!


Lini Masa Lokaloborasi


Ruang virtual Lokaloborasi akan berlangsung dari 4 September hingga 27 September 2021. Kamu bisa mengakses ruang virtual ini di lokaloborasi.kumparan.com. Pada ruang virtual ini, akan ada banyak talk show dan pameran karya-karya brand lokal yang juga bisa ikut kamu beli sebagai bentuk dukungan  terhadap produk dalam negeri, lho.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Ruang Sinema  untuk menikmati lantunan musisi Tanah Air dari rumah masing-masing.

Tunggu apa lagi? Yuk, kita langgengkan kemerdekaan bersama Lokaloborasi! Info selengkapnya, lihat di sini.

TEMUKAN CATATAN LAINNYA

Tongkrongan Asli Indonesia, Warunk Upnormal Ciptakan 9 Menu Baru di Lokaloborasi

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, sama halnya seperti yang dilakukan oleh Warunk Upnormal pada tahun ini.

Kolaborasi Fadly Padi dan fourtwnty, Seperti Apa Hasilnya?

Berbicara soal musik memang tak pernah ada habisnya. Dari tahun ke tahun, tumbuh beragam aliran musik dan lahir banyak musisi handal serta penyanyi bersuara emas dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dari Fashion hingga Kuliner, 8 Brand Lokal Hadirkan Kolaborasi Unik

Berbagai brand fashion, sepatu, hingga kuliner mulai menyasar generasi muda seperti milenial dan Gen Z sebagai pasar utama