gambar
Artikel

Dari Fashion hingga Kuliner, 8 Brand Lokal Hadirkan Kolaborasi Unik

Beberapa tahun belakangan, brand lokal makin menunjukkan taringnya di negeri sendiri. Ya, tak kalah dari merek luar negeri, produk-produk asli Indonesia semakin banyak digemari konsumen, terutama dari generasi milenial hingga Gen Z.

Dengan begitu, potensi brand lokal akan semakin berkembang di tahun 2021 makin terbuka lebar. Bukan tanpa alasan, menurut survey dari Blackbox Research bersama platform intelijen konsumen, Toluna, 91 persen responden di Indonesia mengaku lebih memilih brand asli Indonesia dibandingkan brand asing.

Berbagai brand —fashion hingga kuliner— kini tak hanya fokus menghadirkan produk yang sesuai dengan tren, bahkan ikut andil menciptakan tren itu sendiri. Brand lokal juga bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan Indonesia, sehingga produk yang diluncurkan pun lebih timeless dan nyaman dikenakan siapa saja, berkualitas, dan harganya pun terjangkau.

Inovasi juga menjadi trik untuk menarik perhatian konsumen. Salah satunya lewat kolaborasi untuk menghadirkan produk-produk yang unik dan eksklusif, seperti yang dilakukan 8 brand lokal berikut ini. Penasaran?

1. Voyej x Bluesville
Berdiri sejak 2011, Voyej merupakan brand yang dikenal dengan produk aksesoris dari kulit nabati premium sebagai bahan utamanya. Setiap produk Voyej didesain dengan filosofi ‘sederhana namun estetis’, untuk menciptakan kesan sebagai produk yang fungsional, bersih, dan modern sesuai gaya hidup masa kini.

Sedangkan Bluesville dikenal dengan produk-produk bernuansa etnik yang menonjolkan motif-motif batik tulis khas Indonesia. Menariknya lagi, dalam setiap pembuatan produknya, brand ini juga selalu menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan sebagai tanggung jawab menjaga kelestarian alam.

Punya visi dan misi yang sama untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, dua brand fashion dan aksesoris asli Indonesia ini pun berkolaborasi menghadirkan produk eksklusif berupa card case dan dompet.

2. Humblezing x Jimmy and Martin
Selama lebih dari empat dekade, Jimmy and Martin ikut memeriahkan perkembangan brand lokal Indonesia dengan produk-produk fashion berupa denim dan pakaian pria yang dibuat mendetail mengikuti perkembangan jaman. Melalui produknya yang berkualitas namun terjangkau, Jimmy and Martin punya prinsip bahwa siapa pun berhak mengenakan apa yang mereka inginkan.

Berbeda dengan Jimmy and Martin yang klasik, Humblezing dikenal dengan produk pakaian berkonsep urban outdoor, military, dan vintage sportswear yang nyaman dipakai sehari-hari, terutama saat beraktivitas di luar. Ide awal brand asal Bandung ini pun tak kalah uniknya, yakni dari perjalanan berkemah yang menyenangkan dan penuh petualangan.

Lewat Lokaloborasi, dua brand kebanggan Indonesia ini bersama-sama menelurkan produk fashion yang menggabungkan sisi fungsional pakaian outdoor dengan gaya klasik sekaligus modern. Hasilnya, dirilisnya jaket klasik outdoor heritage, celana cargo, dan sandal.

3. Kamengski x Katalis.co
 
Bagaimana jadinya bila studio motor listrik berkolaborasi dengan brand fashion? Inilah yang kini tengah dilakukan oleh Katalis.co dan Kamengski lewat produk yang diberi nama Spacebar.

Pertama kali dirilis pada Januari 2021, Spacebar merupakan skuter mungil yang bisa dilipat bertenaga 1.200 watt, sehingga cocok untuk mobilitas di perkotaan hingga masuk ke gang-gang sempit. Selain desain yang unik, keunggulan Spacebar ini ada pada rendahnya emisi karbon yang dihasilkan sehingga tidak menyebabkan polusi saat dijalankan.

Bukan itu saja, sebagai pelengkap berkendara, Katalis.co dan Kamengski yang terkenal dengan produk fashion unik dan nyelenehnya ini juga meluncurkan koleksi 108 di Lokaloborasi.  Angka 108 ini merupakan tahun berdirinya kamengski yaitu pada januari 2008 silam.  Koleksi ini hadir dalam edisi terbatas, terdiri dari racing jacket, helm dan motor listrik yang akan dirilis secara eksklusif di acara Lokaloborasi 27 agustus 2021 mendatang.

4. Tenue de Attire x Lokaloborasi
 
Terinspirasi dari gaya hidup urban, brand asli indonesia l ini dikenal dengan produk  kemeja pria berkonsep smart casual. Modelnya pun didominasi motif garis, kotak, atau motif kontemporer dengan warna-warna netral atau pastel.

Meski begitu, Tenue de Attire, juga tidak mau ketinggalan menunjukkan kecintaannya terhadap Indonesia. Terinspirasi dari gerakan Bangga Buatan Asli Indonesia, bersama Lokaloborasi, Tenue de Attire mengeluarkan koleksi produk fashion bertema ‘Our People’.

Sesuai tema yang diangkat, produk-produk seperti printed shirt dan sticker patch, dikemas dengan visual yang menarik dan mengandung makna untuk mencintai produk asli indonesia.

5. Local Pride Indonesia x Lokaloborasi
 
Local Pride Indonesia adalah sebuah media yang memiliki tujuan mengajak semakin banyak orang mendukung brand lokal dan mencintai produk asli Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Nah, di kesempatan kali ini, Local Pride Indonesia bekerja sama dengan Lokaloborasi membuat produk fashion untuk mempromosikan makanan dan minuman Indonesia dengan cara yang unik.

Ya, lewat kolaborasi ini, nama-nama kuliner Indonesia dibuat menjadi singkatan yang unik dan lucu. Contohnya, martabak yang menjadi singkatan ‘Mari Kita Bangkit!’, atau sate yang menjadi kepanjangan ‘Saling Toleransi’ untuk memberikan inspirasi positif bagi pemakainya.

Tidak hanya memperluas pasar, kolaborasi antar-brand lokal ini juga bertujuan untuk saling memberi dukungan sekaligus menumbuhkan kebanggaan serta memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia. Inilah juga yang menjadi dasar dari hadirnya Lokaloborasi.

Lokaloborasi merupakan sebuah wadah kolaborasi antar sesama pegiat industri lokal untuk menghasilkan karya yang unik dan autentik. Selain meluncurkan produk-produk yang eksklusif Lokaloborasi juga akan mengajak pelaku industri tersebut untuk saling berbagi inspirasi lewat Talkshow Lokaloborasi “Aksi Kolaborasi Lintas Generasi” di ruang virtual kolaborasi, mulai 4 September - 27 September 2021.

Program ini juga menjadi harapan untuk menghadirkan semangat kebersamaan antar brand lokal untuk menciptakan karya-karya yang asli, serta memberi inspirasi bagi kita sebagai generasi bangsa agar dapat ikut berkontribusi memajukan industri lokal dengan berani  menggunakan barang asli Indonesia. Untuk melihat barang-barang hasil kolaborasi selengkapnya klik di sini.

TEMUKAN CATATAN LAINNYA

Tongkrongan Asli Indonesia, Warunk Upnormal Ciptakan 9 Menu Baru di Lokaloborasi

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, sama halnya seperti yang dilakukan oleh Warunk Upnormal pada tahun ini.

Kolaborasi Fadly Padi dan fourtwnty, Seperti Apa Hasilnya?

Berbicara soal musik memang tak pernah ada habisnya. Dari tahun ke tahun, tumbuh beragam aliran musik dan lahir banyak musisi handal serta penyanyi bersuara emas dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dari Brand Hingga Musisi Lokal, Intip Kolaborasi Asli Indonesia di Lokaloborasi

Kolaborasi tak mengenal waktu dan jarak, kolaborasi tak mengenal usia dan generasi, kolaborasi adalah ruang bagi Indonesia untuk beraksi.